Selasa, 08 September 2009

Keajaiban Air Zamzam

Air yang paling baik di muka bumi ini adalah air zamzam. Selain bersih, air zamzam juga mengandung khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berjuta-juta jamaah haji setiap tahunnya mengambil air dari sumur zamzam, namun sumur ini tak pernah kering. Menurut beberapa kisah, air zamzam digunakan untuk mencuci hati Rasulullah SAW ketika akan melakukan Isra' Mi'raj.

Keberadaan sumur zamzam tak bisa dilepaskan dari sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Jejakan kaki Ismail(sewaktu balita), saat ditinggalkan bersama Siti Hajar oleh Nabi Ibrahim di padang nan gersang, menjadi lantaran bagi memancarnya sumber air zamzam itu. Allah SWT terus melanggengkan pancaran air zamzam hingga kini.

Sumber air zamzam itu berada di dalam kompleks Masjidil Haram. Saat ini pintu masuk ke sumur zamzam telah ditutup oleh pemerintah Arab Saudi. Penutupan ini dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan thawaf. Pintu itu memang berada di jalur pelataran thawaf. Para jamaah haji bisa mengambil atau minum air zamzam sepuasnya di sisi Masjidil Haram.

Ada adab dan do'a khusus yang harus dipenuhi ketika kita hendak mengambil dan meminum air zamzam. Ambil air zamzam dengan tangan kanan dan menghadap kiblat, serta sebelum meminumnya kita harus membaca do'a: Allahumma inni as'aluka 'ilman naafi'an wa rizqan waasi'an wa syifa'an min kulli daa'in wa tsaqamin, bi rahmatika yaa arhamar-rahimiin (Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala sakit serta penyakit dengan rahmat-Mu ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih). Sebaiknya juga minum air zamzam sembari duduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Googling